ramadhan 1436

Energipos.com/News/Nasional

shadow

Andang Bachtiar: DEN Perlu Membahas PLTN Untuk Kepastian Pemanfaatannya

ENERGIPOS.COM, JAKARTA-Ketentuan bahwa PLTN merupakan pilihan terakhir serta dikembangkan pada kondisi yang mendesak perlu dijelaskan dan didiskusikan secara terbuka dan detil agar masyarakat lebih mengerti dan memahami kebijakan nasional dalam Pengembangan PLTN. Demikian dikatakan Andang Bachtiar, anggota Dewan Energi Nasional dari unsur Teknologi mengomentasri pro-kontra Pengembangan PLTN di tanah air.

Ketika ditemui di sela Sidang Anggota DEN ke-14 Senin (29/6), Andang, yang juga Ketua Komite Eksplorasi Nasional bentukan Kementerian ESDM, menyatakan bahwa masyarakat perlu mendapat kejelasan dan kepastian tentang rencana pemerintah dalam Pengembangan PLTN misalnya kapan dibangun, di daerah mana dan dengan teknologi apa.

Hal tersebut penting dilakukan karena ketentuan dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN) menyatakan sebagai pilihan terakhir dan dimanfaatkan pada kondisi mendesak menyebabkan banyak fihak mempertanyakan posisi pemerintah dan DEN dalam pengembangan PLTN di tanah air.

 

Andang menyarankan agar dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) perlu disebutkan misalnya dalam 5 tahun pertama dilakukan eksperimen dilanjutkan dengan tahap-tahap pengembangan berikutnya.

Baca Juga