ramadhan 1436

Energipos.com/News/Nasional

shadow

Sonny Keraf: Mari Konsentrasi ke Energi Terbarukan

ENERGIPOS.COM, JAKARTA-Terbitnya Buku Putih Pengembangan PLTN oleh Kementerian ESDM terkait dengan rencana Pemerintah untuk membangun PLTN berkapasitas 5000 MW hingga tahun 2025 memicu komentar kritis dari berbagai fihak.

Pakar lingkungan, Mantan Menteri Lingkungan Hidup yang kini juga menjadi anggota Dewan Energi Nasional, Sonny Keraf,  menyatakan ketidaksetujuannya terhadap buku putih tersebut karena tidak sesuai dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Dalam keterangannya kepada energipos.com setelah Sidang Anggota DEN ke-14 Senin (29/6) lalu di Jakarta, Sonny Keraf menyatakan bahwa merencanakan pembangunan PLTN akan memunculkan perdebatan panjang dan berpotensi mengganggu target pengembangan energi terbarukan sebagaimana diamanatkan dalam KEN yaitu sebesar 23% pada tahun 2025.

Sonny mengingatkan bahwa implementasi  pembangunan pembangkit listrik khususnya dari energi terbarukan yang direncanakan belum sesuai dengan harapan dan menjadi pertanyaan apabila kemudian pemerintah langsung merencanakan membangun PLTN dengan kapasitas 5000 MW tersebut.

Sonny menyarankan agar Pemerintah fokus dan bekerja lebih keras untuk mencapai target pengembangan energi terbarukan sebesar 23% dari total bauran energi nasional pada tahun 2025 (bh).

Baca Juga