ramadhan 1436

Energipos.com/News/Ekonomi

shadow
Soal Pengembangan Nuklir

Prof Tumiran : Jangan Remehkan Anak Bangsa

ENERGIPOS.COM, Jakarta--Pengembangan potensi nuklir untuk energi tak terhindarkan. Mengingat kebutuhan listrik di Indonesia terus meningkat tajam. Nuklir menjadi salah satu tumpuan memasok kebutuhan listrik.

Menurut Prof Tumiran, salah satu anggota Dewan Energi Nasional (DEN), bangsa Indonesia mampu mengembangkan energi nuklir melalui pembangunan PLTN. Sebab, banyak ahli nuklir yang dimiliki Indonesia.

"Jangan meremehkan kemampuan anak bangsa untuk mengembangkan nuklir. Kita punya ahli bidang ini," ujar Prof Tumiran kepada ENERGIPOS belum lama ini di Jakarta. Mereka tinggal diberikan kesempatan mempraktekan keahliannya.

Tumiran menunjukkan para ahli nuklir Indonesia sudah terbukti bertahun-tahun bisa mengelola PLTN meski skala kecil atau percobaan. Mereka juga memiliki prestasi keilmuan bidang nuklir ditingkat dunia.

Tumiran yang pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta ini mengungkapkan banyak anak-anak muda bangsa ini yang memiliki keahlian bidang teknologi nuklir. Sayang sebagian memilih bekerja di luar negeri.

"Anak-anak muda ini jika diberi kesempatan didalam negeri akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa," ujar Tumiran. Dia berharap ada konsistensi pengembangan nuklir untuk listrik di tanah air.(mt)

Baca Juga