ramadhan 1436

Energipos.com/News/Ekonomi

shadow
Menuju Peringatan Hari Nusantara ke 15

KESDM Bagikan Lampu Age Petromat Kepada Nelayan Cirebon

ENERGIPOS.COM, CIREBON--Para nelayan Cirebon sedang bersuka. Pasalnya mereka mendapat bantuan lampu surya dan age petromat untuk keperluan penerangan saat melaut.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM Fx Sutijastoto, Sabtu (4/7/2015) di Cirebon. Bantuan diberikan terkait peringatan Hari Nusantara ke 15.

"Ada 250 buah lampu Age-Petromat dan 1000 buah lampu tenaga surya untuk nelayan dalam rangka pembangunaan infrastruktur sektor ESDM untuk nelayan," tutur FX Sutijastoto.

Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM yang menjadi Ketua Harian Pelaksana Hari Nusantara ke-15 menyerahkan bantuan yang diterima Dinas Kelautan dan Perikanan Cirebon.

FX Sutijastoto menambahkan bantuan ini merupakan tindak lanjut penyerahan bantuan sektor ESDM kepada nelayan yang dilakukan secara simbolis oleh Menteri ESDM, 1 Juni 2015.

"Lampu Pertamat merupakan sumbangan dari BPH Migas sementara Lampu Surya dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)," kata dia.

Penyerahan berlangsung di Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Kementerian ESDM, di Cirebon. Bantuan diterima Kabid pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Cirebon, Eriethrina.

"Bantuan ini sangat membantu. Ini tentu akan meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan nelayan di wilayah Cirebon," kata Eriethrina. Dia mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat bagi nelayan yang sedang mencari ikan di tengah laut.

Peringatan Hari Nusantara merupakan perhelatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati dan mengisi Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia saat itu, Djuanda Kartawidjaya.

Dalam deklarasi tersebut secara nyata diungkapkan bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam Kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Republik Indonesia. Puncak peringatan akan berlangsung di Aceh.

Peringatan Hari Nusantara diharapkan dapat menjadi kegiatan yang tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga diarahkan sebagai pendukung dalam program mewujudkan Indonesia sebagai 'Poros Maritim Dunia'.(mt)

Baca Juga