ramadhan 1436

Energipos.com/News/Ekonomi

shadow

Harga ICP Bulan Juni Turun

ENERGIPOS.COM, JAKARTA-Harga rata-rata minyak mentah Indonesia pada bulan Juni 2015 mengalami penurunan sebesar USD 2,46 per barel dari USD 61,86 per barel menjadi USD 59,40 per barel. Penurunan dipicu oleh perkembangan situasi permintaan minyak global.

Penurunan harga ICP antara lain dipicu oleh meningkatnya produksi OPEC ditengah-tengah permintaan dunia yg lesu. Sebagaimana dilaporkan oleh Tim Harga Minyak Indonesia dalam laman Kementerian ESDM (www.esdm.go.id), produksi OPEC dilaporkan naik 0,023 juta barel per hari pada bulan Juni menjadi 30,972 juta barel per hari.

Kelebihan pasokan minyak dunia khususnya OPEC menjadi salah satu penyebab turunnya harga minyak dunia. Selain itu laporan ketersediaan stok produk minyak di Amerika Serikat mengalami peningkatan antara lain stok gasoline yang naik 1,1 juta barel, stok distilat juga naik 1,9 juta barel. Sementara konsumsi minyak China juga turun 10% pada bulan Mei 2015.

Turunnya harga minyak dunia termasuk ICP akan menurunkan penerimaan negara, dipangkasnya rencana pengembangan sumur minyak oleh KKKS karena harga minyak yang rendah. Pemerintah perlu terus memonitor perkembangan kegiatan KKKS dan memberikaninsentif yang diperlukan agar kegiatan eksplorasi dan produksi minyak tidak berkurang secara signifikan (bh).

Baca Juga